Tim Nasional Nigeria




Team sepak bola nasional Nigeria sebagai wakil Nigeria dalam sepakbola internasional pria yang dipanggil untuk Super Eagles serta diperintah oleh Asosiasi Sepak Bola Nigeria (NFF). Mereka ialah juara Piala Afrika 3x, dengan gelar paling baru mereka pada 2013, sesudah menaklukkan Burkina Faso di final. Team sudah penuhi ketentuan untuk enam Piala Dunia FIFA terjawab di tahun 2006 serta Team sebagai wakil FIFA serta Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Pada April 1994, Super Eagles ada di rangking ke-5 di rangking FIFA, tempat rangking FIFA paling tinggi yang sempat dicapai oleh team sepak bola Afrika. Selama riwayat, team ini sudah maju ke enam dari tujuh Piala Dunia FIFA paling akhir (per 2018), cuma mangkir dalam edisi 2006 serta sudah capai set 16 kali. Performa Piala Dunia pertama mereka ialah edisi 1994.

Sesudah mainkan koloni lain dalam permainan tidak sah semenjak 1930-an, [4] Nigeria mainkan laga sah pertama kalinya pada Oktober 1949, saat jadi koloni Inggris. Team bermain permainan pemanasan di Inggris menantang beberapa team amatir termasuk juga Bromley, Dulwich Hamlet, Bishop Auckland serta Liverpool Selatan. Keberhasilan besar pertama team ialah medali emas di laga All-Afrika kedua, dengan posisi ketiga di Piala Afrika 1976 serta 1978 untuk diiringi. Di tahun 1980, dengan pemain seperti Segun Odegbami serta Best Ogedegbe, team yang diperintah oleh Christian Chukwu, memenangi Piala untuk kali pertamanya di Lagos. Team sepak bola pria Olimpiade Nigeria memenangi acara sepakbola di Olimpiade 1996 di Atlanta, menaklukkan Meksiko, Brasil serta Argentina dalam prosedurnya. Mereka ialah runner-up di tempat yang sama di Olimpiade 2008 di Beijing, kalah dari Argentina dalam laga lagi laga 1996.

Pada 1984 serta 1988, Nigeria capai final Piala Bangsa-Bangsa, kalah 2x dari Kamerun. Tiga dari lima gelar Afrika yang dimenangi oleh Kamerun dimenangi dengan menaklukkan Nigeria. Kehilangan ke Kamerun dalam banyak peluang sudah membuat kompetisi seru di antara ke-2 negara. Tiga peluang penting; kalah tipis di Piala Afrika 1988, kwalifikasi untuk Piala Dunia 1990, dan final polemis Piala Afrika 2000 dimana sepakan yang dilaksanakan oleh Victor Ikpeba semasa beradu penalti ditetapkan tidak untuk melalui garis gawang oleh wasit.

Timnas Nigeria dengan cara tradisionil memakai hijau yang sejumlah besar kompak pada set primer hijau dengan penomoran putih, huruf, serta highlight; ditambah lagi kit sekunder terbalik putih semua, semua simbol dari warna bendera Nigeria. Warna hijau beragam sepanjang tahun. Hijau zaitun, hijau rimba seringkali disenangi semasa 1980-an sampai awal 1990-an, serta batu giok tampil di tiap dasawarsa itu; serta harlequin sudah dipakai. Semasa dekade paling akhir, team ini terlihat senang dengan warna hijau kantor yang semakin standard yang sangat seperti dengan warna yang dipakai pada bendera. Timnas pertama Nigeria memakai atasan merah tua di atas celana pendek serta kaus kaki putih sampai negara itu mengambil warna sekarang ini sesudah kemerdekaannya. [9]

Pada 23 April 2015, Nike dipublikasikan untuk penyuplai kit Nigeria sesudah Adidas akhiri kontrak kit mereka dengan NFF. [10] [11] Sebelumnya, Nike menyuplai kit Nigeria di antara tahun 1998 serta 2003.

Banyak laga penting sudah dimainkan menantang beberapa negara yang sudah jadi saingan kadang-kadang. Dari beberapa negara ini, Ghana dengan cara luas dipandang seperti saingan penting Nigeria sebab kedua pihak sudah berjumpa keduanya lebih dari pada musuh yang lain. Rekor ini didominasi oleh Ghana walau Nigeria sudah nikmati periode keberhasilan. Yang sangat mencolok dari periode ini ialah kontes awal semasa 1950-an, serta laga yang berjalan pada awal 2000-an.

FIFA mendaftar laga sah pertama di antara kedua-duanya untuk laga kwalifikasi Piala Dunia di tahun 1960. Tetapi ke-2 timnas sudah terjebak dalam laga bersaing semenjak tahun 1950. [19] Timnas ke-2 negara Afrika Barat ini dibuat selama saat dimana kedua-duanya masih jadi pelindung Kerajaan Inggris. Di saat itu negara kekinian Ghana diketahui untuk Gold Coast. Nigeria, sebelum mengambil warna nasional hijau serta putih, kenakan atasan merah tua di atas celana pendek putih serta diketahui untuk "Setan Merah". [9] Kedua pihak bermain untuk beberapa pertandingan serta piala kompetisi semasa periode ini dimana pertandingan internasional penuh dilarang buat mereka.

Popular posts from this blog

Tim Nasional Pantai Gading

Tim Nasional Senegal